Senin, 28 Februari 2011

pembangunan ekonomi


Pembanguna ekonomi  adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pandapatan perkapital dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan di sertai perubahan dalam struktur ekonomi suatu Negara dan pemerintaha pendapatan bagi penduduk suatu Negara .

Pembanguna ekonomi tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi , dan pembangunanekonomi tidak lepas dari mendorongnya pertumbuhan ekonomi , dan sebalinya , pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.
yang dimaksut pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujutkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu Negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GDP  nyata / riil di Negara tersebut . adanya pertumbukan ekonomi adalah suatu tanda adanya keberhasulan pembangunan ekonomi.
Ada beberapa faktor  yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, namun pada nyatanya  faktor-faktor tersebut dapat  di kembangkan menjadi dua  yaitu  faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.
Faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.
Sumber daya alam yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah,keadaan iklim, hasil hutan , tambang dan hasil laut sangat mempengaruhi pertumbuhan indusri suatu Negara , terutama dalam hal penyediyaan bahan baku produksi..
Sementara itu , keahlian atau  kewirausahan dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam . manjadi sesuatu yang memiliki  nilai lebih tinggi/ disebut peoses produksi.
Sumber daya manusia juga menentukan kebarhasilan pembangunan nasional . jumlah penduduk yang banyak memiliki potensi keberhasulan dalam memesarkan hasil-hasil produksi . sementara kualitas penduduk menentukan seberapa besar produktivitas yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar